Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Kamis, 14 Juni 2012

On 6/14/2012 09:08:00 PM by KBM FT UNM in    No comments

Assalamu’alaikum…Segala puji kita panjatkan hanya kepada Allah Subhana wa ta’ala, shalawat dan salam semoga tetap kita curahkan kepada baginda Rasulullah Muhammad shalallohu alaihi wa sallam, tiada Tuhan yang berhak disembah dengan sebenarnya selain Allah yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi -Nya dan  Muhammad adalah hamba dan utusan –Nya. Kita Manusia tinggal di dunia hanya untuk waktu yang singkat. Di sini, di dunia ini,  kita akan diuji, dilatih, kemudian meninggalkan dunia menuju kehidupan akhirat di mana kita akan tinggal selamanya. Allah Subhana wa ta’ala berfirman :
“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik (surga). Katakanlah, ‘Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?' Untuk orang-orang yang bertaqwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) istri-istri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (Ali Imran: 14-15)
Sebenarnya, kehidupan di dunia tidak sempurna dan tidak berharga dibandingkan kehidupan abadi di akhirat. Untuk menggambarkan hal ini, dalam bahasa Arab, dunia mempunyai konotasi “tempat yang sempit, gaduh dan kotor. Terkadang kita menganggap usia 60-70 tahun di dunia sangat panjang dan memuaskan. Akan tetapi, tiba-tiba kematian datang dan semua terkubur di liang lahad. Sebenarnya, ketika kematian mendekat, baru disadari betapa singkatnya waktu di dunia. Bagi mereka yang lupa bahwa dunia merupakan tempat sementara dan mereka yang tidak memperhatikan ayat-ayat Allah, tetapi merasa puas dengan permainan dunia dan kesenangan hidup, menganggap memiliki diri mereka sendiri, serta menuhankan diri sendiri, Astagfirullahi, Allah akan memberikan hukuman yang berat. Al-Qur`an menggambarkan keadaan orang yang demikian;

“Adapun orang yang melampaui batas, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya). (an-Naazi'aat: 37-39)
Mari kita sejenak mengingat kematian. Karena mengingat kemaitan adalah salah satu wasiat bagi kita umat Muhammad. Dengan mengingat hal itu yakni kematian, semoga kita tersadar bahwa kehidupan ini tidak hanya di dunia belaka namun ada kehidupan akhirat yang abadi. Mari dan mari terus mengingat kematian. Karena orang yang benci mati (bertemu dengan Allah), Allah-pun juga benci bertemu dengannya. Na’udzubillah.
Sebelum kita mengerti apa arti dari semua ini, sepantasnya kita pahami Makna indah hidup ini. Waktu yang kita jalani, dari semua perbuatan kita Untuk kita tanggung sendiri. Ini dunia,hanya sementara koleksi amalan untuk bekal akhir. Jangan sampai kita lupa tujuan kita diciptakan.
“Dan Tidaklah Aku Menciptakan Jin dan Manusia Kecuali untuk Beribadah Kepada-Ku” (Adz Dzariyat : 56)
Maka apa yang perlu untuk kita lakukan di dunia ini???tentulah sesuai dengan ayat yang telah disebutkan di atas, yakni beribadah kepada Allah. Dengan ibadah itu menjadi bekal kita untuk meraih kenikmatan yang ada di hari kemudian di akhirat nanti. Dalam sebuah hadist, dari Muadz bin Jabal radhiallohu anhuma berkata, “Aku berkata , wahai Rasulullah, beritahu aku amal yang dapat mengantarkanku ke dalam surge dan menjauhkanku dari neraka.” Beliau bersabda, “Engkau telah bertanya tentang masalah yang besar, namun itu perkara yang mudah bagi orang-orang yang Allah beri petunjuk. Engkau harus menyembah Allah dan jangan menyekutukanNya, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa Ramadhan, dan berhaji ke Baitullah.” (HR Tirmidzi)
Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orag yang diteguhkan iman, dan dimudahkan dalam menghadapi kematian, dihindarkan dar siksa kubur, serta memasukkan kita dalam surga-Nya..

0 komentar:

Posting Komentar

Afwan, silahkan tinggalkan komentar antum terhadap blog ini.